Definisi Internet secara Umum

PENGERTIAN INTERNET


internet (interconnected-networking) adalah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.

Atau dengan kata lain, Definisi Internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.

TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.


Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.

Fungsi Internet
    Berikut adalah fungsi dari Internet :
  1. Mempermudah mempermudah mencari Informasi yang terUpdate
  2. Memperpendek jarak komunikasi menggunakan internet dengan user internet lainnya di seantero dunia
  3. Memudahkan pengguna untuk mencari data apapun di internet
  4. Melakukan interaksi di dunia maya satu sama lain secara mudah
  5. Memberikan informasi atau pengetahuan pada pengguna tiada batas
  6. Mempermudah kegiatan belajar mengajar oleh seorang pengajar kepada siswanya
  7. Mempermudah penyimpanan file dan dokumen digital yang dapat di akses kapan saja dan di mana saja
  8. Mempermudah seseorang untuk melakukan kegiatan dan berkegiatan dengan cara berpromosi melalui internet
  9. Mempermudah mencari letak suatu lokasi yang diperlukan dengan fasilitas GPS atau google map
  10. Penyebaranluasan foto yang kurang etis
  11. Perselingkuhan karena dapat menjalin pertemanan dengan berkomunikasi secara rahasia, jejaring sosial seperti twitter dan Facebook dapat menimbulkan perselingkuhan dan kecemburuan.
  12. Penculikan dan perdagangan manusia dengan fasilitas internet
  13. Bulliying dan penyebarluasan kata-kata kasar
  14. Ajang pamer dan kesombongan
  15. Ajang untuk membicarakan seks dan narkoba
  16. Perjudian secara online

banyak kasus penipuan yang berkedok belanja online di internet, penculikan melalui perkenalan lewat media sosial, pembajakan (hack) sebuah situs serta penyebaran virus melalui media internet.

Sekian Informasi yang saya dapatkan semoga bermanfaat,dan sebagai Penutupnya yaitu Manfaatkan internet sebaik mungkin,Terima Kasih...
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Unknown
admin
August 26, 2017 at 6:09 AM ×

nice infonya bisa membantu para pelajar

Reply
avatar
September 15, 2017 at 4:36 AM ×

Terima kasih atas kunjungannya,semoga bermanfaat

Reply
avatar
Thanks for your comment