Pengertian Software

APA ITU SOFTWARE ??

Kali ini saya akan membuat posting tentang Apa itu Software?


Apa itu Software?...,pasti anda sudah tau tentang software,Banyak yang sudah mengenal tentang software dan banyak sekali yang menggunakannya entah untuk mengedit Gambar,Video,Musik,dan sebagian lagi untuk membuat Artikel yaitu dengan MS Word,Excel,dan Access.Kali ini saya akan menjelaskan apa itu Software?...,Tolong di Simak...

Pengertian Software

Software (perangkat lunak) adalah kumpulan perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Tanpa adanya software, komputer hanyalah sebuah mesin kosong yang tidak akan berarti apa-apa. Komputer tidak mengerti bahasa manusia dan hanya mengerti bahasa mesin yang dihasilkan dari perangkat lunak.Software adalah Suatu Perangkat Lunak yang tidak bisa disentuh dan tidak dapat dilihat wujud fisiknya.Tetapi Software merupakan Perangkat yang penting,dan halnya software terdapat pada Semua SO dan banyak manfaatnya.



Software menurut jenisnya.

Operating System (Sistem Operasi). Software jenis ini memiliki fungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan semua komponen dan fungsi komputer. Sistem operasi harus ada di setiap komputer dan menjembatani interaksi antara komputer dan penggua (user). Beberapa contoh sistem operasi diantaranya adalah DOS, Windows, UNIX, dan linux.
Programming Language (Bahasa Pemrograman). Software jenis ini memberikan instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program aplikasi komputer (computer application program). Ada banyak sekali bahasa pemrograman dan beberapa yang terkenal adalah Java, PHP, dan Microsoft Visual Basic.
Application Program (Program Aplikasi). Software yang ditujukan untuk keperluan dan kegunaan khusus dan tertentu, misalnya untuk akuntansi, presentasi, perpustakaan, dan lain-lain. Semua program aplikasi dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. Beberapa contoh program aplikasi adalah Microsoft Office Word untuk membuat dokumen, Myob untuk akuntansi, OpenOffice.org Impress untuk presentasi dan lain-lain.
Adware. Software ini umumnya bersifat gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul.
Freeware. Software yang bersifat gratis dan dapat digunakan tanpa batas waktu tertentu. Umumnya, software jenis ini memiliki fitur-fitur yang kurang lengkap dan kurang powerfull.
Shareware. Software jenis ini memiliki batasan waktu tertentu dalam penggunaannya dan mengharuskan pengguna melakukan validasi kepemilikan dengan membeli serial number.
Spyware. Software yang mampu memata-matai aktifitas pengguna komputer. Software jenis ini sering disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data.
Open Source. Software yang bisa dirubah, ditingkatkan dan disebarluaskan karena kode sumbernya (source code) dapat dibuka. Umumnya software ini bersifat gratis, dikembangkan oleh perorangan atau komunitas dan memiliki lisensi GPL (General Public License).
Previous
Next Post »
Thanks for your comment